Jumat, 26 Juni 2020

Berlindung dari Empat Hal yang Membahayakan Hidup


“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyu’, hawa nafsu yang tidak pernah puas dan doa yang tidak dikabulkan.” (HR. Muslim no. 2722)

Ringkasan Khutbah Jumat
Syekh M. Fathurahman, M.Ag
Mursyid Tarekat Idrisiyyah
ZAWIYAH JATENG | Hidup adalah perjalanan, setiap langkah harus terukur agar tidak salah arah. Rasulullah   pernah berdoa:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُوَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُوَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ, وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyu’, hawa nafsu yang tidak pernah puas dan doa yang tidak dikabulkan.” (HR. Muslim no. 2722)

Empat hal yang berbahaya tersebut adalah:

Pertama, Ilmu yang tidak bermanfaat. Ilmu yang tidak semakin membuat orang mengenal dan tunduk kepada Allah. Imam Al Ghazali menyebutkan hadis dalam kitab Bidayatul Hidayah: 

"Barangsiapa yang bertambah ilmunya tapi tidak bertambah petunjuk maka ia semakin jauh dari Allah SWT." 

Beberapa faktor penyebabnya: (1), Ketika menimba ilmu tidak ikhlas karena Allah SWT. Nihayah (output) ilmu bergantung awalnya (niat). (2) Karena tidak menimbanya dari Ulama yang memiliki kapasitas (ahli dan komprehensif).

Ilmu yang tidak bermanfaat membuat porak-poranda di segala lini kehidupan.

Silakan Klik
Motif  cantik dipadu dengan warna pilihan yang indah

Kedua, Hati yang tidak pernah khusyu' (tunduk) kepada Allah SWT. Firman Allah SWT:

"Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka)?" (QS Al Hadid [57] : 16]

Makna khusyu' adalah tunduk kepada Allah SWT dan yang diturunkan-Nya. Hati yang tidak tunduk menyebabkan panca indera jatuh kepada kebinasaan. Hati yang tunduk akan mendapatkan sinaran petunjuk Allah SWT.

Ketiga Hawa nafsu yang tidak merasakan kenyang (puas). Nafsu yang tidak mau diatur dan dijaga akan membuat manusia ke lembah kehancuran.

Rasulullah   bersabda: “Tidak sempurna iman kalian hingga menjadikan hawa nafsunya selalu tunduk mengikuti ajaran yang ku bawa.” (HR. Thabrani)

Keempat Doa yang tidak pernah dikabulkan. Betapa rugi ketika tumpuan ibadah (doa) tidak didengar Allah SWT. Penyebab doa ditolak adalah karena ada hijab (dinding) antara dirinya kepada Allah SWT. Hijab disebabkan karena dosa-dosa kezaliman. Upaya yang mesti dilakukan adalah banyak bertaubat/istighfar, selalu memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri.


Silakan Klik:
💥💖💢Mutiara-Store💖💥
Lengkapi Kebutuhan Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar